Sekilas Tentang Obyek Wisata ” TAMASE “

Kabupaten Sumbawa sungguh sangat kaya akan potensi alamnya apalagi soal obyek wisata.  Salah satu nya adalah obyek wisata alam “ Lembah Tamase “di Desa Jurumapin Kecamatan Buer. Kawasan ini belum sepenuhnya dikenal oleh masarakat setempat walau beberapa kegiatan pernah dilakukan disana. Obyek Wisata Tamase ini berada diketinggian kurang lebih 500 meter diatas permukaan laut. Sejauh mata memandang tampak jelas sebuah lembah yang dikenal masarakat setempat sebagai Lembah Semangko dan lembah tamase dengan latar belakang laut biru dikejauhan membawa imajinasi kita akan kebesaran Tuhan.


Lembah Tamase memiliki luas 135 hektar dan telah ditanami dengan berbabagai macam tanaman perkebunan, seperti nangka, rambutan, jambu mete dan jati.Masarakat setempat juga memamfaatkan dengan menanam sayuran yang hasilnya di jual ke kawasan Newmont di KSB,. Ada pula yang berusaha dengan menanam gula tebu yang dikirim hingga ke Palembang.

Di atas lembah ini dibangun tempat tempat peristirahatan, ada sejumlah bale-bale yang sangat bermamfaat bagi para pengunjung.Disebelah selatannya dibuat sebuah titian yang dinamakan “ Tangga Seribu “ untuk mendaki sampai kepuncak bukit.Dari atas bukit ini, tampak keindahan pemandangan alam nan hijau.

Untuk mencapai kawasan Tamase tidak terlalu sulit. Sekitar dua kilometer kearah selatan dari jalan negara yang menghubungkan Tano-Sape, tepat nya masuk melalui Labuhan Burung. Kawasam Tamase ini awalnya dirintis oleh Ir.Haji Badrul Munir MM sekarang Wakil Gubernur NTB yang kebetulan putra asli Jurumapin.

Lahan di kawasan Tamase ini dimiliki oleh warga Juru Mapin. Sebagian kecil lainnya dimiliki orang luar. Dulunya kawasan ini berupa hutan dan semak belukar. Di lokasi ini sudah dibangun sebuah monument dengan icon Durian Buer. Juga terdapat kolam renang.

Jurumapin, adalah salah satu desa dari enam desa yang tedapat diwilayah Kecamatan Buer, Kabupaten Sumbawa.Desa ini sejak dahulu sudah dikenal masarakat Sumbawa sebagai daerah penghasil Duren atau Durian. Siapa yang tidak kenal dengan Durian Buer.

Kapan anda berkunjung kesana ??

Iklan

Perihal admin
Hobi Menulis

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: