Teluk Saleh Akan Dijadikan Kawasan Megaminapolitan & Pariwisata Nasional

Wakil Gubernur NTBWakil Gubernur NTB Ir Haji Badrul Munir MM membenarkan rencana pembangunan Bypass Labuhan Sumbawa – Limung Kecamatan Moyo Utara sepanjang 24 Km dengan total lebar 30 meter dan akan dikerjakan mulai tahun 2012 mendatang. Hal itu dikemukakan Badrul Munir ketika dihubungi melalui telpun seluler nya Rabu 5 Oktober 2011.  Menurut Badrul Munir, rencana ini sudah mendapat persetujuan Pemerintah Pusat melalui Menteri Pekerjaan Umum sebulan yang lalu. Bypaas itu lanjutnya akan dibangun 2 jalur dengan 4 lajur. Tahun ini tengah disiapkan Detail Engineering Design ( DED ) dengan dana APBD I tahun anggaran 2011. Untuk pembebasan tanah yang akan terkena pembangunan bypass tersebut diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Sumbawa. “ Soal ini sudah saya kordinasikan dengan Bupati Sumbawa dan sudah oke “ papar Badrul Munir.

Selain bypass tersebut Pemerintah juga akan membangun dermaga fery di Limung Kecamatan Moyo Utara yang akan menghubungkan Calabai dan Tambora. Di kedua tempat itu yakni Calabai dan Tambora juga dibangun dermaga fery sehingga kapal-kapal yang beroperasi dilintasan itu bisa merapat dengan aman.

Pembangunan infra struktur itu juga dimaksudkan untuk mendukung program SAMOTA ( Teluk Saleh, Pulau Moyo dan Tambora ) yang dicanangkan Pemerintah Provinsi NTB sebagai kawasan Megaminapolitan dan Pariwisata Nasional. Melalui program ini diharapkan mampu menyerap tenaga kerja sebanyak kurang lebih 85.000 orang dengan nilai produksi 11,6 trilyun pertahun. Nilai produksi itu diharapkan diperoleh dari Udang, Rumput Laut dan ikan Kerapu serta dari keragaman Ikan bersirip yang banyak dijumpai dikawasan itu diluar nilai pariwisata.

Biaya pembangunan infra struktur tersebut mencapai angka 5,2 trilyun rupiah yang diambil dari APBN 2012. Menurut Wakil Gubernur NTB, Presiden Susilo Bambang Yudoyono juga sudah menyetujui program ini dan telah mengistruksikan kepada kementrian terkait untuk segera menindak lanjuti bahkan Gubernur NTB sudah diminta untuk melaporkan secara berkala setiap perkembangan program ini.

Badrul Munir menyebut Teluk Saleh, ibarat akuarium raksasa yang menyimpan potensi ekonomi lestari yang wajib dijaga kelestariannya oleh seluruh masarakat NTB. Semua ini tegas Wagub NTB adalah salah satu bentuk nyata dari upaya Pemerintah Provinsi NTB menjadikan daerah ini sebagai daerah yang mampu bersaing dengan daerah lainya di Indonesia.

Iklan

Perihal admin
Hobi Menulis

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: