Wagub NTB : Wisata SAMOTA Menuju Pertarungan Nasional

Ir.H.Badrul Munir MM Wagub NTB

Pemerintah Provinsi NTB akan menyatukan tiga kawasan strategis di pulau Sumbawa untuk dikembangkan sebagai daerah tujuan wisata. Ketiga kawasan itu adalah Teluk Saleh, Pulau Moyo, dan Gunung Tambora (SAMOTA).Wakil Gebenur NTB, Ir H Badrul Munir, MM saat memberikan penjelasan dihadapan Kepala SKPD, Camat dan Kades, di Wisma Daerah Kabupaten Sumbawa belum lama ini mengatakan, NTB termasuk dalam koridor 5 pembangunan perekonomian yang telah dicanangkan oleh Pemerintah RI, bersama Bali dan NTT. Sehingga, untuk pariwisata fokus di Senggigi, Teluk Saleh, Pulau Moyo, Tambora, Teluk Bima dan lainnya, Sementara untuk Ekonomi, NTB sudah unggul di jagung, padi, dan lainnya.

Dikatakan Bam, sapaan akrab Badrul Munir, perlu ada percepatan pembangunan wisata di pulau Sumbawa supaya bisa bersaing di tingkat nasional. Wilayah SAMOTA ini dilengkapi dengan fasilitas pariwisata yang beranekaragam. Seperti potensi di Teluk Saleh, terdapat pusat agribisnis dan kekayaan bawah lautnya. Pulau Moyo, akan dikembangkan fasilitas diving sementara Gunung Tambora memiliki potensi ekowisata.

Skenarionya, kita jadikan kawasan megapolitan. Karena kita sudah kalah cepat dengan daerah lain. Untuk itu butuh percepatan. Kita sekarang di pertarungan nasional, jangan lagi ditingkat bawah, ujar Wagub.
Menurutnya penghasilan besar dapat di berikan ke Negara, jika potensi ini berhasil dikembangkan. Sebab, letak NTB yang sangat strategis yang diapit oleh jalur pelayaran internasional, dan di lalui trans perhubungan darat dari aceh hingga kupang.

Negara bisa diuntungkan Rp 11,6 triliun pertahun, kalau SAMOTA bisa dikembangkan, tandas Wagub.

Iklan

Perihal admin
Hobi Menulis

One Response to Wagub NTB : Wisata SAMOTA Menuju Pertarungan Nasional

  1. Yudo Kadarusman says:

    Sudah saatnya percepatan pembangunan wisata di pulau Sumbawa, supaya bisa bersaing di tingkat nasional.
    potensi di Teluk Saleh, dengan agribisnis dan kekayaan bawah lautnya. Pulau Moyo dengan fasilitas diving dan Gunung Tambora dengan potensi ekowisatanya.
    Karenanya saat ini sangat diperlukan percepatan pembangunan infrastruktur penunjang, seperti jalan raya baik jalan nasional maupun jalan provinsi serta transportasi yang layak sebagai akses menuju wilayah-wilayah tersebut. untuk itu merupakan tanggung jawab bersama untuk mengawal semua itu

%d blogger menyukai ini: