” SAMSAT DELIVERY ORDER “

Potensi kendaraan bermotor diwilayah Samsat Sumbawa hingga akhir Desember 2011 lalu mencapai angka 88.000 unit dengan jumlah terbesar sepeda motor diluar kendaraan bermotor pelat merah yang berjumlah 2.410 unit. Dari potensi itu, sebagian masih ber-plat luar daerah. Untuk itu Kepala UPTD PPDRD ( Unit Pelaksana Tehnis Daerah Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah ) Kabupaten Sumbawa Abdullah MS,SH MH menghimbau masyarakat Kabupaten Sumbawa yang memiliki kendaraan bermotor ber-pelat luar Sumbawa ( DR dan lain-lain) agar segera melakukan mutasi kendaraan bermotornya sesuai dengan ketentuan yang termaktub didalam UULalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya. Menurut Abdullah setidaknya 6 bulan berturut-turut kendaraan tsb. berada sebuah diwilayah maka wajib bagi pemiliknya untuk melakukan mutasi kendaraan nya. Demikian penegasan Kepala UPTD PPDRD Sumbawa diruang kerjanya siang tadi Kamis 5 Januari 2012.
Ditanya tentang perolehan pendapatan dari pajak kendaraan bermotor di wilayah Samsat Sumbawa, ia mengatakan dari target yang diberikan Propinsi kepada Kabupaten Sumbawa selama tahun 2011 lalu sebesar Rp. 35 Milyar, berhasil terlampaui yakni mencapai angka Rp.36 Milyar lebih. Begitu pula dengan tahun-tahun sebelum nya, selalu melampaui target seiring dengan semakin bertambahnya jumlah kendaraan pribadi. Untuk Tahun 2012 ini ia bertekad untuk terus memacu pendapatan daerah dari sektor pajak kendaraan bermotor ini.

Beberapa terobosan yang telah dilakukan UPTD PPDRD Sumbawa dalam menggenjjot penerimaan pajak kendaraan bermotor ini, antara lain melakukan Samsat Keliling ( Mobile ) ke 20 Kecamatan di Kabupaten Sumbawa kemudian melaksanakan Samsat Delivery Order atau jemput bola khusus kepada wajib pajak yang berdomisili dalam kota Sumbawa Besar. Dengan pola ini para wajib pajak tidak perlu datang ke Kantor Samsat. Cukup mengontak Call Service Samsat Sumbawa, nomor Telp 0371-21112 lalu menanyakan jumlah pajak yang harus dibayar dengan menyebut nomor polisi kendaraannya. Petugas akan segera memberitahunya kemudian menjemput sejumlah uang yang harus dibayar dan dalam tempo 1 jam Perpanjangan dan Pengesahan STNK sudah diantar ke alamat pemiliknya. ” Inilah cara mudah untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor “. Papar Abdullah.
Sementara dalam tahun 2012 ini Samsat Sumbawa yang dibantu BPD NTB Cabang Sumbawa akan membangun Kantor Samsat Pembantu ( Grey ) di Kota Kecamatan Alas, untuk melayani dan mendekatkan pelayanan kepada wajib pajak kendaraan bermotor di 4 Kecamatan di Sumbawa Bagian Barat. ” Insya Allah tahun berikutnya kami akan membangun lagi Grey di Bagian Timur dan Selatan ” ungkap Kepala UPTD PPDRD Sumbawa Abdullah MS,SH MH. ( admin )

Iklan

Perihal admin
Hobi Menulis

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: