INPOSSIBLE…DR ZUL MENJADI PIMPINAN PT.NEWMONT

Dr.Zulkiflimansyah salah seorang putra daerah Sumbawa yang saat ini mewakili masarakat Banten di DPR Pusat, banyak disebut-sebut sebagai salah  calon Pimpinan PT Newmont Nusa Tenggara. Dari sejumlah responden sebagian besar setuju kalau kader PKS ini mendukuki posisi tersebut. Lalu seperti apa komentar Doktor Zul ( begitu ia akrab dipanggil ) seusai menghadiri sebuah acara di Pendopo Kabupaten Sumbawa Sabtu 21 Januari 2012 lalu.

Pertanyaan rekan-rekan wartawan seputar Pimpinan Newmont itu dijawabnya dengan lugas, datar dan masuk akal. Menurut nya  sebaiknya pimpinan Neomont itu  berasal dari warga lokal atau warga dari Pulau Sumbawa. Itu perlu dipertimbangkan,katanya,  agar keinginan dan aspirasi masyarakat Sumbawa bisa diakomodir. Selain itu, kesinambungan operasi PTNNT itu sendiri juga akan mendapat perhatian dari pimpinan yang berasal dari warga setempat.
.
Bagi Dr. Zul, perkaranya bukan pada soal siap atau siap dirinya menjadi Presdir. Tetapi PTNNT memiliki mekanisme sendiri yang harus dihormati bersama. Memang ada ekspektasi masyarakat terhadap PTNNT. Begitu banyak kontribusi yang diberikan PT. NNT kepada masyarakat Sumbawa. Seperti perbaikan infrastruktur, pedidikan dan lainnya. Hingga ia tidak heran, jika muncul wacana putra daerah memimpin PTNNT. Tentunya agar dapat mengakomodir suara batin dan keinginan masyarakat. Untuk hal ini, pihaknya juga yakin Pemkab Sumbawa dan Sumbawa Barat serta  Pemprov NTB dan pihak terkait lainnya akan bertemu membahas masalah ini.

Menurutnya, jabatan Presdir tidak bersentuhan langsung dengan operasional tambang. Hanya membangun hubungan relasi yang konstruktif dengan masyarakat, pemegang saham, tokoh-tokoh, serta membangun jaringan di pusat dan lainnya. Sehingga, menurutnya banyak putra daerah yang memiliki kapasitas membangun hubungan tersebut. “Mudah-mudahan ada cahaya di ujung terowongan ” ucapnya

Menyinggung tentang banyak nya aksi demo terhadap PT.NNT Dr.Zul mengatakan, seharusnya pemerintah daerah lebih bertanggung jawab menjaga investor. Dengan menyediakan lingkungan yang kondusif bagi investor. Sehingga, PTNNT tidak disalahkan sepenuhnya. Sebaliknya, PTNNT juga jangan menggunakan pola-pola pendekatan menggunakan aksi-aksi tandingan. ‘’Kalau ada aksi yang tidak kondusif, saya kira itu perlu dihilangkan. Sementara jika adanya aksi tandingan, pola manajemen itu harus dikurangi bahkan harus ditiadakan. Karena yang menjadi korban itu masyarakat,” tandasnya.

Sejumlah masarakat yang sempat dihubungi hari ini Senin 24 Januari 2012 sangat antusias menyambut keinginan menempatkan Dr.Zul sebagai pimpinan PT.Newmont. ” Kami rasa sudah saatnya putra daerah menjadi pimpinan di perusahaan tambang itu,agar apa yang kami perjuangkan selama ini bisa didengar dan ditindak lanjuti.” harap Ibrahim warga Moyo Hulu.

Hal senada juga disampaikan A.Rasyid warga masarakat Desa Lantung. ” Seribu persen kami setuju kalau pak Zul memimpin Newmont, sebab jika orang lokal yang menjadi pimpinan Newmont maka apa yang menjadi harapan masarakat akan bisa terpenuhi terutama soal perekrutan tenaga kerja lokal ” ujarnya.

Namun ada juga masarakat yang pesimis dengan keinginan itu seperti dituturkan Muhammad Ali asal Moyo Utara yang menyebut keinginan itu sebagai sebuah kesia-siaan. Newmont itu cerdik, kita orang lokal sengaja dibumikan bahkan cenderung mau diadu. Jadi saya nggak percaya kalau pak Zul bisa memimpin Newmont. Ketika ditanya bagaimana kalau nanti benar Dr Zul menjadi pimpinan Newmont, Muhammad Ali sedikit kurang percaya. ”  Akhh..impossible  itu pak ” tegasnya.

Iklan

Perihal admin
Hobi Menulis

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: