MASYARAKAT KORBAN BANJIR di SUMBAWA HARI INI BUTUH MAKANAN DAN PAKAIAN

TRUK YANG TERJEBAK BANJIR

Hari Minggu pagi 29 Januari 2012 masarakat Desa Kakiang Kecamatan Moyo Hilir tidak menyangka kalau desanya akan di labrak banjir besar. Sabtu malam minggu itu di hulu Brang ( Sungai ) Kakiang memang terlihat mendung pekat yang menandakan turun hujan besar sementara malam itu di Kakiang juga turun hujan tapi tidak selebat di hulu. Seperti biasanya masarakat Kakiang pagi itu sebagian besar bersiap ke sawah-sawah mereka. Namun sekitar jam 06.45 Wita tiba-tiba air sungai datang dan meluap dengan cepat sehingga merendam ratusan rumah.

 ” Air bah itu datang nya tiba-tiba dan kami tidak bisa berbuat apa-apa,hanya kepanikan yang terjadi ” Ujar Khalid warga Kakiang Atas. Bersamaan dengan itu tambahnya, masarakat menyelamatkan apa yang bisa diselamatkan.

Banjir yang datang secara tiba-tiba itu memang membuat masarakat panik, sebagian bisa menyelamatkan harta bendanya, namun banyak diantara mereka yang barang-barangnya terendam banjir. Bagaimana tidak ketinggian banjir di Desa Kakiang ini mencapai hampir satu meter atau setinggi leher orang dewasa. Air bah juga sangat deras, sehingga sejumlah hewan ternak masyarakat hanyut terbawa banjir. Yang lebih parah terjadi di perkampungan sekitar sungai Kakiang. Air mencapai atap rumah penduduk.

Hingga siang hari tadi, banjir masih cukup deras. Namun karena kesigapan Tim SAR, Tagana, Polri dan TNI, banjir bandang di Desa Kakiang itu tidak memakan korban jiwa. Kerugian yang ditimbulkan diperkirakan ratusan juta rupiah. Saat ini sejumlah warga yang kehilangan harta benda dan rumahnya yang terendam mengungsi di rumah tetangga. Malam ini masarakat korban banjir itu memerlukan makanan,pakaian dan selimut.

Sementara itu sejumlah titik di Wilayah Kecamatan Moyo Hilir Sumbawa juga dilaporkan diterjang banjir,namun yang parah sementara ini hanya Desa Kakiang. ( UPDATE malam ini ) Inilah desa-desa yg diterjang banjir bandang hari ini di Sumbawa, yg bisa diberikan bantuan oleh TIM TAGANA SUMBAWA : DESA PUNGKIT DESA TEDE DESA LOPOK BERU KECAMATAN LOPOK … DESA KAKIANG DESA BERARE DESA MALILI DESA SONGKAR A & B. KECAMATAN MOYO HILIR. Sementara ada 2 desa lainnya yg belum dijangkau  karna terhalang derasnya banjir, yakni DESA SENGKAL & DESA NGERU KECAMATAN MOYO HILIR.

Iklan

Perihal admin
Hobi Menulis

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: