PEMILIHAN PUTRI SAKAYA 2012

SAKAYA UTAN

Provinsi Nusa Tenggara Barat dikenal sebagai daerah yang mempunyai beraneka macam jenis buah-buahan yang spesifik, antara lain buah Srikaya. Di Sumbawa buah Srikaya dikenal dengan nama Sakaya, di Bima bernama Garoso dan diLombok orang menyebutnya dengan Griti.

Umumnya Srikaya ini tumbuh dan berkembang di daerah kering. Di Sumbawa, populasi tertinggi tanaman ini berada di Kecamatan Utan namun belum dibudidayakan dengan baik. Di Utan tanaman Srikaya ini ditanam oleh orang-orang tua dahulu dan sangat sedikit generasi sekarang yang menanam secara massal pohon Srikaya ini. Akan tetapi apabila dapat dikembangkan dengan menggunakan teknologi yang baik maka keberdaan tanaman Srikaya ini tidak akan hilang ditelan masa.

Mengantisipasi tetap lestarinya tanaman Srikaya di Kecamatan Utan yang merupakan sentra utama tanaman Srikaya di Sumbawa, Komunitas Petani Sakaya Kecamatan Utan dengan di support Pemerintah Provinsi NTB, tanggal 17 dan 18 Maret 2012 akan menyelenggarakan Festival Sakaya Pertama dengan pusat kegiatan di Kota Kecamatan Utan.

Sejumlah kegiatan akan melengkapi Festival Sakaya 2012 ini. Ada Lomba Makan Srikaya, Lomba Membuat Kuliner dengan bahanbakuSrikaya dan banyak kegiatan lain yang diharapkan mampu menggugah masarakat Utan khususnya dan Masarakat Kabupaten Sumbawa secara umum dalam upaya memasarakatkan penanaman kembali Srikaya Utan yang boleh dikata hampir punah itu.

Srikaya atau Sakaya Utan, rasanya tidak sama dengan Srikaya yang ada didaerah lain di NTB. Buahnya tidak terlalu besar tetapi manisnya tidak ada yang bisa menandinginya. Sakaya Utan ditanam di Ladang-Ladang oleh orang tua generasi sekarang sekitar puluhan tahun yang lalu dan sulit sekali ditemukan tanaman baru. Kalaupun ada bisa dihitung dengan jari. Menanam kembali secara massal tanaman Srikaya ini, menjadi tujuan utama Festifal Sakaya Pertama tahun ini.

Kegiatan lain yang akan dilakukan panitia di Kecamatan Utan, adalah Pemilihan Putri Sakaya 2012.Acara ini dimaksudkan pula untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia generasi muda NTB khususnya generasi muda putri di wilayah Kecamatan Utan dan Kabupaten Sumbawa. Pemilihan Putri Sakaya 2012 ini dimaksudkan juga sebagai sarana untuk membentuk generasi muda agar dapat menjadi modal utama di masa yang akan datang terutama menghadapi era globalisasi dan persaingan bebas, yang bukan hanya diperoleh melalui pendidikan formal saja tetapi juga melalui pengalaman berinteraksi, bersosialisasi dengan lingkungan yang kompleks serta kemampuan mengembangkan potensi diri yang dimiliki dibidang apapun secara luas.

Pemilihan Putri Sakaya Tahun 2012 juga dimaksudkan sebagai ajang untuk menyalurkan aktifitas, kreatifitas, penambahan wawasan dan ajang aktualisasi generasi muda dengan mengenalkan buah sakaya sebagai komoditi yang unik di wilayah Kabupaten Sumbawa, sekaligus untuk menguji intelektualitas, wawasan yang luas dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi, seni budaya, kepariwisataan dan kepedulian lingkungan terutama dalam menyikapi isu-isu Nasional dan Internasional.

Ihin Solihin salah seorang Panitia Festival Sakaya 2012 ini menulis bahwa kegiatan Pemilihan Putri Sakaya 2012 ini akan memilih 4 pemenang utama yang akan dipersiapkan untuk menjadi Duta Wisata Kabupaten Sumbawa dalam hal budaya dan kepariwisataan NTB yang memiliki responsibilitas yang tinggi dan memahami potensi wisata Kabupaten Sumbawa dan juga pengetahuan mengenai Buah Sakaya secara Komprehensif. Pemilihan Putri Sakaya Tahun 2012 itu akan berlangsung Tanggal, 17 s.d 18 Maret 2012.

Iklan

Perihal admin
Hobi Menulis

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: