DARI FESTIVAL SAKAYA DI UTAN : WABUB SUMBAWA KECEWAKAN WAMENTAN

WAKEMENTAN RI KETIKA MEMBUKA FS 2012 DI UTAN

Festival Sakaya 2012 di Utan Kecamatan Utan Sumbawa, resmi dibuka Wakil Menteri Pertanian RI DR Rusman Heriawan,Sabtu pagi 17 Maret 2012 di Gedung Indra Theatre Utan didampingi Wakil Gubernu NTB, dan Wakil Bupati Sumbawa. Namun karena cuaca yang tidak bersahabat sejak seminggu lalu, seluruh kegiatan dalam Festival Sakaya itu diundurkan ke Hari Sabtu dan Minggu,24//25 Maret 2012. 

Wakil Menteri Pertanian, menyebut Festival Sakaya itu sebagai sesuatu sangat bermamfaat dan luar biasa serta patut diikuti oleh daerah lain. Dalam kunjungan nya ke Kabupaten Sumbawa, Wamentan juga berkesempatan melihat dari dekat proses pembuatan minyak jarak di pabrik PT.Bio Grand di kilometer lima Sumbawa Besar.Ia juga memberikan bantuan 25 unit traktor kepada kelompok tani di Kabupaten Sumbawa disamping komitmennya untuk membantu pembangunan sentra agribisnis Srikaya.

Wamentan DR Rusman Heriawan juga berkesempatan berdialog dengan para petani Srikaya di Desa Meno, sebagai pemenang Lomba Pohon Bibit Srikaya dalam Festival Sakaya 2012 di Utan.Kepada masarakat petani Srikaya di Desa Meno, Wamentan berharap agar tanaman srikaya ini dapat terus dipelihara dan dilestarikan karena buahnya memberikan nilai tambah secara ekonomis bagi keluarga. Ia berjanji bahwa suatu saat nanti ia akan berkunjung lagi keSumbawa.

Menanggapi cuaca di Sumbawa yang kurang bersahabat saat kunjungan ke Sumbawa kemarin, Wamentan berjanji akan memberikan batuan kepada petani yang tanaman pertaniannya ( padi ) mengalami fuso akibat banjir yang melandaSumbawa.

Sementara Acara pembukaan Festival Sakaya 2012 di Utan kemarin berlangsung khidmat, namun sejumlah yang hadir khususnya para petani Srikaya di Utan termasuk Wagub dan rombongan Wamentan, merasa dikecewakan oleh Wakil Bupati Sumbawa Drs.A.Rasyi Mukhan karena tidak mau mendampingi Wakil Menteri makan siang dengan alasan ada acara keluarga di Alas. Semua orang bertanya-tanya dengan sikap Wabub Sumbawa yang lebih mementingkan keluarga dari menghargai tamunya. ” Saya kecewa sekali dengan bahasa tubuh pak Wabub, seolah tidak menghendaki kehadiran Wakil Menteri Pertanian tsb. Ini sangat memalukan” ujar M.Najib.

Hal senada juga dikemukakan sejumlah panitia FS Sakaya 2012 di Utan. Mereka sangat menyayangkan sikap Wakil Bupati Sumbawa seperti itu bahkan dua orang dari panitia tersebut juga mengaku mendengar Wamentan berbisik kepada seseorang bahwa beliau kecewa dengan penyambutan Pemkab Sumbawa.

Sayang, Wakil Gubernur NTB Ir.Haji Badrul Munir yang coba dihubungi lewat ponselnya tidak menjawab panggilan, namun sudah pasti beliau juga sangat kecewa dengan peristiwa itu.

Iklan

Perihal admin
Hobi Menulis

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: