ENERGI LISTERIK ALTERNATIF DI NTB BERLIMPAH

pembangkit_listrikProvinsi Nusa Tenggara Barat memiliki Potensi energi listrik alternatif yang berlimpah. Hanya saja pemanfaatannya masih sangat terbatas. Salah satunya dari energi alternatif itu adalah potensi energi listrik  tenaga mikro hidro  yang  tersebar diseluruh NTB,  saat ini baru dimanfaatkan sebesar 4 persen. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi NTB, Ir.Eko Bambang Sutedjo disela-sela peresmian  PLTMH Kalijaga oleh Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi di Aikmel Lombok Timur, Rabu, 19/12-2012. Menurutnya,  potensi PLTMH yang sudah dimanfaatkan selain di Kalijaga adalah di Sesaot, di belakang Lesehan Kalisari, Santong, Teres Genit, dan Pemasir, Kecamatan Batukliang Utara.

Proyek PLTMH Kalijaga sendiri menelan biaya sebesar Rp. 1, 853 miliyar dari dana CSR PT. NNT, terletak di dasar tebing sungai yang airnya mengalir sepanjang tahun. Proyek ini diharapkan mampu menghasilkan energi listrik sebesar 30 kilowatt dan dapat memberikan penerangan untuk 300 KK, masing-masing sebesar 100 Watt, terangnya.

Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr. TGH. M. Zainul Majdi mengajak masyarakat Nusa Tenggara Barat untuk banyak-banyak bersyukur karena selama kurun waktu 4 tahun terakhir telah banyak kemajuan yang  diraih dalam berbagai bidang. “Marilah kita bersyukur atas segala nikmat kemajuan yang telah berhasil kita raih selama ini dengan cara menjaga keamanan dan memelihara segala apa yang telah dibangun pemerintah untuk masyarakat’ kata gubernur.

Terkait dengan PLTMH Kalijaga, Gubernur termuda di indonesia itu menyerahkan pengelolaannya kepada masyarakat. Dalam pengelolaannya, masyarakat bisa  bekerjasama dengan PLN, ujarnya.

Iklan

Perihal admin
Hobi Menulis

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: