SITUS YANG TIDAK TERURUS

DIGITAL CAMERABanyak situs purbakala di Sumbawa yang mesti mendapat perhatian pemerintah, antara lain Situs Batu Bergores yang terletak  di Desa Tepal Kecamatan Batulanteh Kabupaten Sumbawa. Situs ini berada diatas gunung yang hanya bisa dicapai melalui jalan setapak. Dari Desa Tepal memakan waktu sekitar 3 jam berjalan.

Pada situs Batu Bergores ini ditemukan gambar manusia, tombak, anak panah, tanda panah, telapak kaki, bundaran dan gambar – gambar lainnya. Ukuran batu bergores ini berdiameter 210 cm dengan tinggi dari dasar lereng 190 meter.

 Jika dianalisa bentuk atau gambar yang terdapat di Batu Bergores ini maka bisa disimpulkan bahwa masyarakat pada masa itu bermatapencarian sebagai pemburu binatang dan mereka tidak bertempat tinggal menetap melainkan berpindah-pindah, tergantung pada binatang-binatang buruannya atau dan gambar manusia menunjukan bahwa masyarakat telah mengenal sistem kepercayaan pada roh nenek moyang yang dianggap memiliki kekuatan magis religious. Situs Batu Bergores ini juga sekaligus menandakan bahwa di Desa Tepal pernah hidup manusia purba.

Kendati demikian Batu bergores ini masih perlu diteliti kembali untuk mengetahui secara spesifik agar diketahui tentang kehidupan sosial budaya, ekonomi serta sistem kepercayaan yang dianut dan juga perlu pengawasan dalam menjaga dan melestariakan situs Batu Bergores tersebut agar jauh dari kerusakan baik yang disebabkan oleh alam maupun tanggan manusia.

 

Iklan

Perihal admin
Hobi Menulis

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: