ROKO JONTAL

ROKO JONTALPohon Lontar ( Borassus flabellifer ) adalah sejenis palma (pinang-pinangan) yang tumbuh di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Pohon Lontar ini juga banyak tumbuh di Sumbawa dan salah satu mamfaatnya yakni daun Lontar yang dijadikan kulit rokok khas Sumbawa ” Roko Jontal “. Hanya sayang masarakat Sumbawa sudah melupakan keberadaannya. Generasi Tau Samawa sekarangpun sudah lupa atau banyak yang tidak mengetahui bahwa dulu Lontar atau Jontal yang tumbuh di Sumbawa itu dibawa dari Sulawesi. Kapan itu terjadi…tepatnya ketika Mas Goa atau Raja Sumbawa terakhir dari Dinasti Dewa Awan Kuning yang di kudeta oleh sekelompok petinggi kerajaan dibantu kerajaan Goa Sulawesi Tahun 1673 M.

Mas Goa diturunkan dari tahtanya secara paksa dan diusir ke Ano Rawi tepatnya di wilayah Kecamatan Utan sekarang. Mas Goa dituduh masih menganut paham Hindu ( animisme ) dan melanggar kesepakatan dengan kerajaan Goa, padahal sejujurnya beliau sudah memeluk Islam.

Saat di Utan lah beberapa ulama dari Bajo, dan Selayar datang membantu Mas Goa mengajarkan Agama Islam kepada rakyat Utan sekalian membawa bibit pohon Lontar untuk ditanam di Utan. Para ulama itu juga mengajar masarakat bercocok tanam dan membangun Lapan Rea yang hingga kini masih dimamfaatkan oleh masarakat setempat.

Mas Goa tidak terbukti melaksanakan paham animisme seperti yang dituduh kepadanya. Bahkan, Islam di wilayah Utan tumbuh pesat, begitu pula perekonomian masarakatnya hingga Utan diperintah anak keturunan Mas Goa. Wallahua’lam.

Iklan

Perihal admin
Hobi Menulis

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: